PROF. DR. AGUS NURYATIN

PROF. DR. AGUS NURYATIN

PROF. DR. AGUS NURYATIN

Akademisi

Profesor Ilmu Sastra Prof. Dr. Agus Nuryatin, M.Hum lahir di Pemalang 3 Agustus 1960. Ia menyelesaikan pendidikan S1 Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Diponegoro (1987). Studi S2 Bidang Ilmu Sastra ia tempuh di Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Indonesia (2001). Adapun pendidikan doktoral di Bidang Pendidikan Bahasa ia peroleh dari Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Semarang, 2008 silam.

Setelah menjabat sebagai Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia ia kemudian diberi amanat untuk menjadi Dekan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) sejak 20 Mei 2011 silam. Ia pernah menjabat Ketua Umum Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (HISKI) periode 2010-2011.

Penelitiannya sempat memperoleh perhatian publik sastra tanah air berkaitan dengan fakta dalam karya sastra. Menurutnya, karya sastra sekali pun fiksi tidak lahir dari kekosongan. Bagi Kesimpulan ini ia peroleh setelah meneliti, setidak-tidaknya, Sembilan buku kumpulan Cerpen Seno Gumira Ajidarma. Dengan mendekatan objektif dan mimesis yang berangkat dari teori besar Formalisme Rusia, Prof. Agus Nuryatin menemukan pola relasi fiksi dengan relitas pada karya-karya Seno Gumira Ajidarma.